Jam Layanan : 07.00 - 24.00

Sabtu, Minggu & Hari Libur : 08.00 - 21.00

+62 21 7345 7171

marketing@buswilliam.com

Wisata Air Di Klaten

14 Jan 2020 16:28 • www.shopback.co.id
Wisata Air Di Klaten

Umbul Ponggok adalah sebuah tempat wisata air yang berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tempat yang masih asri dikelilingi oleh persawahan ini adalah tujuan utama bagi para pelancong untuk menghabiskan waktu berlibur di tempat yang segar. Oleh karena itu, kamu wajib untuk mampir ke Umbul Ponggok ini saat berkunjung ke Klaten. Berikut ini fakta menarik yang bisa perlu kamu tahu dari Umbul Ponggok.

 

Sejarah Umbul Ponggok

 

Bagi warga di sekitar Umbul Ponggok, keberadaan Umbul Ponggok memiliki sebuah legenda tersendiri karena mata air itu dipercaya telah digunakan sejak ratusan tahun lalu. Berdasarkan catatan sejarah dengan adanya dukungan bukti-bukti dan data-data yang didapatkan, Desa Ponggok adalah kawasan industri dan menjadi tempat didirikannya Suikerfabriek Ponggok atau dalam Bahasa Indonesia berarti Pabrik Gula Ponggok.

 

Selain itu, di sekitar Pabrik Gula Ponggok juga terdapat beberapa pabrik gula lainnya seperti Suikerfabriek Tjokro Toeloeng, Suikerfabriek Karanganom, dan Suikerfabriek Delanggoe. Saat daerah di sekitar Ponggok dimasukkan ke dalam wilayah administrasi Kawedanan Ponggok, banyak keluarga Belanda yang tinggal di sekitar kawasan ini.

 

Hal ini dikarenakan sebagian besar karyawan yang memegang jabatan sebagai manajer, juru buku, administrator, dan posisi-posisi penting lainnya adalah warga Belanda. Warga Belanda tersebut tinggal di sebuah bangunan yang sering disebut loji dengan posisinya yang berada di sebalah utara Umbul Ponggok. Di sisi lain, Suikerfabriek Ponggok berlokasi di sebelah Timur Umbul (sumber mata air).

 

Selama semua pabrik gula tersebut beroperasi, Umbul Ponggok digunakan sebagai water reservoir atau tempat penampungan air yang difungsikan untuk memenuhi kebutuhan operasional dari Suikerfabriek Karanganom dan Suikerfabriek Ponggok.

Selain itu, Sumber Air Ponggok yang tidak pernah mengalami kekeringan sepanjang waktu juga digunakan untuk mengairi area perkebunan tebu yang ada di daerah Karanganom, Polanharjo, Ceper, dan daerah lain di sekitarnya.

 

Pada tahun 1930-an, Pabrik Gula Ponggok ditutup karena mengalami krisis ekonomi yang juga disusul dengan kebangkitan rakyat Indonesia yang ingin memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Setelah pabrik tersebut ditutup, water reservoir tadi dialihfungsikan sebagai irigasi untuk mengairi sawah dan perkebunan warga. Hal ini berlangsung hingga saat ini, hingga akhirnya difungsikan sebagai objek pariwisata.

 

Tempat ini disebut Umbul Ponggok karena Umbul yang diambil dari Bahasa Jawa berarti Sumber Mata Air, sedangkan Ponggok adalah nama dari desa yang menjadi lokasi dari umbul tersebut. Nama Umbul Ponggok menjadi terkenal sebagai tempat wisata dikarenakan peran pemerintah desa dan warga sekitar.

 

Inovasi dan kreasi mereka kembangkan agar sumber mata air yang pada awalnya hanya berfungsi sebagai irigasi diubah menjadi sebuah tempat wisata yang menarik dan unik dengan tema underwater photos dan snorkeling.

 

Dengan adanya perkembangan dari sarana dan prasarana, Umbul Ponggok tidak memiliki kesan yang angker. Bahkan banyaknya fasilitas yang tersedia di tempat yang sudah berumur lebih dari satu abad ini. Selain itu, air yang berada di Umbul Ponggok ini sangat jernih dan segar. Bahkan, kamu bisa melihat indahnya pemandangan di bawah air yang jernih ini.

 

Tidak heran, banyak para wisatawan baik lokal maupun internasional yang pergi ke Umbul Ponggok untuk berlibur. Hal inilah yang membawa tingkat kunjungan wisatawan ke Umbul Ponggok naik dari waktu ke waktu.

 

Bahkan, di sepanjang tahun 2019, rata-rata jumlah pengunjung yang datang pada hari kerja ada sebanyak 2.000 orang. Sedangkan pada hari libur bisa mencapai 3.000 orang, belum lagi pada libur lebaran yang biasanya meningkat hingga 5 kali lipat dari hari-hari biasa.

 

Pesona Keindahan

 

Dengan luasnya hamparan sawah dan pepohonan rindang yang ada di sekitar kolam alami ini, suasana asri dan sejuk memberikan kesan yang damai kepada para wisatawan saat pertama kali datang menginjakkan kaki di Umbul Ponggok ini.

 

Setelah itu, kamu akan mendapatkan suasana air yang segar dan jernih saat memasuki kawasan Umbul Ponggok ini. Saking jernihnya air di kolam ini, kamu bisa melihat apa saja yang ada di dalam kolam seperti batu, pasir, dan lumut dengan jelas dari atas permukaan air.

 

Selain itu, kolam ini juga dipenuhi dengan ribuan ekor ikan dari berbagai jenis bentuk, ukuran, dan warna yang berenang dengan riang di dalam kolam alam yang berukuran 50 x 25 meter persegi dan kedalaman 1,5-2,5 meter ini.

 

Kamu tidak perlu khawatir akan bau amis akibat banyaknya ikan di kolam ini, kualitas air yang ada di kolam ini sangat baik dengan kondisi irigasi yang telah tersistem untuk menampung air baru dalam isi kolam ini secara terus menerus dan mengeluarkan air sisanya ke area persawahan yang ada di sekitar Umbul Ponggok ini.

 

Dengan jernihnya, segar, dan damainya keadaan di Umbul Ponggok ini mampu menghipnotis para wisatawan untuk menceburkan dirinya dan berenang ke sana kemari mengelilingi luasnya kolam ini. Jika kamu berencana untuk membawa anak-anak di kolam ini, pihak pengelola telah menyediakan kolam renang khusus anak-anak yang dilengkapi dengan fasilitas yang pastinya membuat anak makin riang bermain di kolam ini.

 

Selain itu, jika kamu hanya ingin menikmati suasana Umbul Ponggok tanpa berniat untuk berenang atau berbasah-basahan, kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi kolam alam itu atau menikmati kuliner yang tersedia di Cafe yang berlokasi persis di samping kolam sambil melihat pengunjung yang ramai berlalu lalang.

 

Selain dikenal sebagai tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, tempat ini juga biasa dijadikan tempat foto pre-wedding para pasangan yang hendak melakukan pernikahan. Jernihnya air dan indahnya pemandangan di Umbul Ponggok menjadi latar yang sangat menawan untuk latar belakang foto pre-wedding.

 

Selain pesona keindahan alam dari Umbul Ponggok yang menjadi primadona, pengelola dari Umbul Ponggok menyediakan beberapa fasilitas pelengkap untuk kamu nikmati saat berlibur di sini. Kamu bisa menyewa peralatan power dive (walker) jika kamu ingin merasakan sensasi berjalan-jalan di bawah air.

 

Selain itu kamu juga bisa menyewa peralatan snorkeling yang termasuk swim suit, tabung oksigen, kaki katak, dan kacamata renang. Namun, kamu tidak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki kemampuan snorkeling karena kamu bisa mendapatkan bimbingan gratis dari pemilik persewaan peralatan snorkeling ini.

 

Selain berenang dan merasakan langsung segarnya air di kolam ini, kamu juga bisa mengambil foto di bawah permukaan air dengan latar belakang ikan-ikan dan segala macam properti yang ada di bawah air seperti sepeda motor, patung, jet sky, laptop, TV, tenda, becak, dan masih banyak lainnya.

 

Hasil-hasil dari foto ini sangat menarik dan bisa kamu bawa pulang untuk jadi kenangan tak terlupakan saat berkunjung ke Umbul Ponggok. Bahkan kamu bisa memamerkan keseruan berlibur di Umbul Ponggok kepada teman-temanmu lewat media sosial yang kamu miliki.

 

Untuk berfoto di bawah permukaan air, kamu bisa menggunakan kameramu pribadi atau juga bisa menyewa rental kamera yang ada di tempat wisata ini. Jika kamu menggunakan kamera pribadi, kamu hanya bisa menikmati foto dengan latar belakang ikan-ikan dan jernihnya air kolam dari bawah permukaan.

 

Yang diperbolehkan untuk berfoto menggunakan properti yang ada di bawah kolam hanyalah mereka yang menggunakan jasa rental kamera saja. Hal ini dikarenakan properti yang ada di sana tidaklah gratis dan harus membayar sewa yang menyebabkan pengunjung harus membayar lebih untuk rental kamera dan sewa properti yang harganya bervariasi tergantung dari jenis properti yang hendak kamu pilih.

 

Fasilitas

 

Tidak hanya kolam renang saja, Umbul Ponggok juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas lain untuk melengkapi liburanmu di sini. Beberapa fasilitas lain yang bisa gunakan saat berada di Umbul Ponggok adalah kamar mandi, toilet, musala, hingga ruang ganti pakaian. Selain itu, kamu juga bisa mampir ke Cafe atau warung-warung yang ada di sana jika kamu merasa lapar.

 

Selain menyediakan fasilitas umum tersebut, Umbul Ponggok menyediakan pengunjung persewaan kamera underwater yang biasanya dikenakan biaya sebesar Rp60 ribu per 30 menit maksimal untuk empat orang atau Rp100 ribu per jam maksimal untuk tujuh orang.

 

Jika kamu ingin menambah properti, kamu harus membayar biaya sewa yang bervariasi seperti sewa sepeda sekitar Rp30 ribu, set taman/TV/laptop Rp60 ribu, set tenda dan kursi Rp100 ribu, set ayunan/hati/motor/becak Rp100 ribu, dan ayunan double/jet sky Rp150 ribu.

 

Sedangkan jika kamu berencana untuk melakukan foto pre-wedding di sini, kamu harus membayar tarif sewa tempat dan sesi pemotretan seharga Rp300 ribu. Kamu bisa pula menyewa Paket Pre-wedding Standard dengan harga Rp2 juta dengan fasilitas waktu pemotretan selama satu hari penuh dan sudah termasuk biaya sewa tempat pemotretan serta tiga orang fotografer dan dokumentasi.

 

Atau kamu bisa memilih Paket Pre-wedding Full dengan harga Rp3 juta dengan fasilitas waktu pemotretan seharian penuh yang sudah termasuk biaya sewa tempat pemotretan, satu orang makeup artist, 3 orang fotografer, wardrobe atau kostum, dan juga dokumentasi dalam bentuk CD dan cetak.

 

Umbul Ponggok juga menyediakan pakai power dive (walker) dengan harga Rp150 ribu yang telah meliputi dokumentasi foto dan Rp200 ribu telah termasuk foto dan video. Peralatan snorkeling yang termasuk  swim suit, tabung oksigen, kacamata renang, sepatu kata, dan bimbingan sebelum menyelam dikenakan biaya sebesar Rp250 ribu.

 

Dengan keunikan yang dimiliki oleh Umbul Ponggok, banyak wisatawan yang datang untuk merasakan sendiri sensasi berlibur di sini dengan membuat foto underwater, melakukan snorkeling, berenang bersama keluarga, dan banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk berlibur.

 

Sebagai satu-satunya tempat snorkeling yang dilakukan di perairan darat yaitu menggunakan sumber mata air di Indonesia, snorkeling di Umbul Ponggok sangat aman dilakukan daripada tempat-tempat snorkeling yang berada di kawasan perairan laut karena adanya risiko untuk terbawa pusaran air laut atau terseret ombak. Namun, hal itu bukan berarti kamu bisa berlibur tanpa pengawasan, kamu harus selalu memperhatikan keselamatan dirimu ataupun keluargamu yang lain, terutama anak-anak.

 

Rute Jalan

 

Jika kamu berkunjung ke Umbul Ponggok, kamu tidak bisa menggunakan transportasi umum karena tidak adanya jalur transportasi umum yang melewati tempat yang berlokasi di Jalan Delanggu-Polanharjo. Ds. Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah ini. Jalanan menuju ke Umbul Ponggok sendiri relatif baik dengan dilengkapinya papan penunjuk jalan yang memudahkan para wisatawan untuk menuju ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil.

 

Jika kamu datang dari arah Jakarta, Bandung, atau wilayah sekitarnya, kamu bisa pergi ke Klaten menggunakan kereta api, pesawat, atau bus. Setelah itu, kamu harus menyewa motor atau mobil terlebih dahulu untuk pergi ke lokasi Umbul Ponggok.

 

Jika kamu datang dari arah Jogja, Bantul, Sleman, atau Purworejo, kamu bisa pergi ke Klaten dengan mencari GOR Klaten. Setelah menemukan GOR Klaten, ikutilah jalan utama menuju ke arah Karananom dan nantinya kamu akan menemukan penunjuk jalan yang harus kamu ikuti hingga kamu tiba di sebuah pertigaan yang berada di tengah area persawahan yang sepi dari penduduk.

 

Kemudian, beloklah ke arah kanan dan ikuti jalan itu hingga bertemu lagi dengan pertigaan yang suasanya cukup ramai, lalu belok ke kiri sekitar 50 meter kamu akan bertemu dengan pertigaan lagi dan beloklah ke arah kanan hingga kamu menemukan area yang banyak tambak ikannya. Umbul Ponggok berada di sisi kiri jalan yang tidak jauh dari tempat yang banyak tambak-tambak ikan itu.

 

Jalan menuju ke Umbul Ponggok memang cukup berliku dan melewati banyak daerah tikungan. Oleh karena itu, kamu bisa mengaktifkan fitur GPS di smartphone kamu dan menggunakan Google Maps  untuk menuju ke Umbul Ponggok atau kamu juga bisa bertanya pada penduduk sekitar yang kamu temui di jalan.

 

Jika kamu berangkat dari Solo, kamu bisa menuju ke Umbul Ponggok diawali dengan mencari Pasar Delanggu. Setelah kamu melewati perempatan lampu merah pasar, lanjutkan perjalanan hingga 200 meter ke depan hingga bertemu dengan Toko Jempol yang ada di sisi kanan jalan dan belokkan kendaraanmu ke arah kanan untuk menuju ke Polanharjo.

 

Saat menyusuri jalanan menuju Polanharjo, carilah rambu penunjuk jalan ke arah Karanganom atau ke arah Klaten sampai kamu menemukan sebuah gapura besar dengan tulisan “Selamat Datang di Desa Wisata Air Ponggok”. Di situlah kamu akan memasuki perkampungan hingga menemukan Tugu Ikan dan belok ke arah kiri untuk tiba ke Umbul Ponggok yang lokasinya berjarak sekitar 50 meter dari Tugu Ikan tadi.

 

Jika kamu memulai perjalanan dari arah Semarang, Salatiga, dan Boyolali, kamu bisa langsung pergi menuju Klaten dengan melewati Jatinom. Setelah kamu sampai di Pasar Jatinom, beloklah ke arah menuju Markas Koramil yang berada di sisi kanan jalan dekat dengan pertigaan. Belokkan kendaraanmu ke kanan dan ikuti jalan tersebut hingga menemukan Umbul Ponggok.

 

Biaya yang kamu keluarkan untuk pergi ke Umbul Ponggok mungkin akan sangat banyak. Namun, kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa awali dengan ShopBack untuk mendapatkan diskon bahkan cashback saat membeli tiket perjalanan atau penginapan di daerah sekitar Umbul Ponggok atau Klaten ini. Sehingga, kamu bisa tetap berwisata hemat saat liburan.

 

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok dan Jam Operasional

 

Pada hari kerja, Umbul Ponggok dibuka mulai dari pukul 08:00-16:00 WIB. Sedangkan pada hari libur seperti hari Sabtu dan Minggu, Umbul Ponggok dibuka mulai dari pukul 07:00-17:00 WIB. Untuk harga tiket masuk ke Umbul Ponggok cukup murah, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp15 ribu pada hari kerja. Namun, harga akan naik dua kali lipat, yakni Rp30 ribu pada hari libur.

 

Harga yang ditawarkan cukup murah, namun untuk menikmati fasilitas lain, kamu tetap dikenakan biaya seperti biaya sewa kamera, biaya snorkeling, kamar mandi, dan lain sebagainya. Namun, dengan adanya biaya sebesar itu, kamu tidak akan pernah kecewa jika menghabiskan waktu liburanmu di Umbul Ponggok ini.

 

Itulah beberapa fakta yang wajib kamu tahu saat berlibur ke Umbul Ponggok yang berada di Klaten ini. Liburan di Umbul Ponggok dijamin tidak akan membuat kamu kecewa karena kamu bisa merasakan banyaknya hiburan saat bermain air di sini.

Office & Pool

Jalan Baru Pinang No. 33 – 34

Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang

Tangerang 15145 - Banten - Indonesia

 

Telpon : 021 7345 7171

Fax : 021 7311499

Email : marketing@buswilliam.com

COPYRIGHT © 2016 BUSWILLIAM.COM - ALL RIGHT RESERVED
POWERED BY MALINIARTSTUDIO